Instantiate Dari Sebuah Prefab Unity
Halo gaes, kembali lagi bersama gue vigo disini
kali ini gue akan memberikan tutorial membuat prefab dan fungsi Instantiate()
Apa sih prefab itu?
Prefab itu adalah sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa digunakan lagi sebagai GameObject.
Lalu, kalau fungsi Instantiate() itu apa?
fungsi Instantiate() itu seperti pemanggilan kembali prefab atau Gameobject ke dalam sebuah game secara runtime
oke langsung aja ke tutorial nya
Pertama create project 3d seperti biasa
Kita buat juga titik jatuh munculnya gameobject saat fungsi Instatiate () dijalankan, caranya klik menu GameObject -> Create Empty child, lalu ganti nama menjadi "TitikJatuh".
Selanjutnya, buat 3D Object kalian, kebetulan disini gue menggunakan cube, caranya gampang, kalian klik GameObjects -> 3D Object -> Cube. lalu tambahkan rigidbody
Mudah kan?
eits keliatan aneh ga si kalau warna nya cuma putih aja? aneh yaa monoton hehe
Mari kita buat menjadi indah..
Langkah kedua, kita import texture tersebut menjadi seperti gambar yang diatas
Tarik Teksturnya ke setiap game object, sudah deh
Ini dia cara penggunaan fungsi Instantiate(), Ketikan program seperti diatas,
Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang kalian suka, lalu pastikan parameter TempatJatuh dan parameter objek diisi.
Parameter Tempat Jatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh, sedangkan parameter objek diisi dengan prefab cube.
Jalankan Games dan klik tombol Buat objek berkali-kali atau spasi. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik. Beginilah cara Unity membuat GameObject secara runtime sekaligus menjaga kestabilan penggunaan memori pada Komputer.
link budiluhur : http://budiluhur.ac.id
Komentar
Posting Komentar