Instantiate Dari Sebuah Prefab Unity

Halo gaes, kembali lagi bersama gue vigo disini

kali ini gue akan memberikan tutorial membuat prefab dan fungsi Instantiate()

Apa sih prefab itu?

Prefab itu adalah sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa digunakan lagi sebagai GameObject.

Lalu, kalau fungsi Instantiate() itu apa?

fungsi Instantiate() itu seperti pemanggilan kembali prefab atau Gameobject ke dalam sebuah game secara runtime

 

oke langsung aja ke tutorial nya

Pertama create project 3d seperti biasa

  
 
Kemudian kita buat sebuah plane sebagai lantai dasarnya, Caranya? klik menu GameObject => 3D Object => Plane lalu ganti namanya menjadi "Lantai1".

prefab,Instantiate,unity

 Kita buat juga titik jatuh munculnya gameobject saat fungsi Instatiate () dijalankan, caranya klik menu GameObject -> Create Empty child, lalu ganti nama menjadi "TitikJatuh".


Selanjutnya, buat 3D Object kalian, kebetulan disini gue menggunakan cube, caranya gampang, kalian klik GameObjects -> 3D Object -> Cube. lalu tambahkan rigidbody

Mudah kan?

eits keliatan aneh ga si kalau warna nya cuma putih aja? aneh yaa monoton hehe

Mari kita buat menjadi indah..

 
Langkah pertama, kita bisa cari texture yang ada di internet kemudian mendownloadnya, disini gue pakai texture bata dan aspal yaa

Langkah kedua, kita import texture tersebut menjadi seperti gambar yang diatas

prefab,Instantiate,unity

Tarik Teksturnya ke setiap game object, sudah deh

 
okey kita sampai ke tahap membuat prefab, caranya gimana? gampang banget tinggal tarik cube yang ada di hierarchy ke asset.
 

Ini dia cara penggunaan fungsi Instantiate(), Ketikan program seperti diatas,

Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang kalian suka, lalu pastikan parameter TempatJatuh dan parameter objek diisi.

Parameter Tempat Jatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh, sedangkan parameter objek diisi dengan prefab cube.

Jalankan Games dan klik tombol Buat objek berkali-kali atau spasi. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik. Beginilah cara Unity membuat GameObject secara runtime sekaligus menjaga kestabilan penggunaan memori pada Komputer.

 

 

link budiluhur : http://budiluhur.ac.id 


 


 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Karakter unity

Membuat terrain dengan free asset yang ada di unity